Sabtu, 23 Januari 2010

SERING NYERI DADA SEBELAH KIRI ? HATI-HATI!!! MUNGKIN ANDA TERSERANG PENYAKIT JANTUNG KORONER...SANGAT MEMATIKAN....!!!!


Anda perlu waspada bila sering mengalami nyeri dada sebelah kiri. Nyeri dada yang temporer seperti tertekan, terbakar atau seperti di remas-remas yang sangat menyakitkan dalam waktu lebih dari 20 menit. Nyeri dada ini dapat saja timbul pada waktu istirahat yang menjalar ke lengan dan bahu kiri, leher, rahang dan punggung. Kadang-kadang penjalaran dapat mencapai lengan kanan. Keluhan nyeri yang sangat hebat ini membuat penderita sangat gelisah dan berusaha melakukan gerakan-gerakan yang mungkin dapat mengurangi perasaan nyeri tersebut, malahan dapat membuat penderita lumpuh. Nyeri dada ini tidak dapat diobati dengan obat untuk mengurangi nyeri dada (Angina Pectoris)sebelumnya. Seiring dengan serangan ini penderita berkeringat dingin yang berlebihan sehingga perlu mengganti pakaian beberapa kali. Biasanya keluhan ini disertyai rasa mual, muntah, pusing dan perasaan ketakutan untuk menghadapi KEMATIAN.....

Penyakit ini menyerang umur 35 - 70 tahun, laki-laki lebih banyak dari wanita, terutama mengenai golongan ekonomi menengah keatas. Faktor resiko utama : Obesitas, Hipertrensi, Hipercholesterolemia. Biasanya ada Riwayat penyakit sebelumnya yaitu : Riwayat Hipertensi, Diabetes melitus, dan pernah mengalami Angina Pectoris (nyeri dada). Kemudian pada si penderita mempunyai riwayat penyakit keluarga yang berhubungan dengan faktor resiko yang mungkin bersifat familiar seperti : Diabetes melitus, Hipercholesterolemia dan Hipertensi. Penting bagi Anda untuk selalu memeriksakan kesehatan secara rutin ke Dokter, pemeriksaan anjuran secara berkala terhadap cholesterol darah, gula darah dan EKG..

Perjalanan dan Perkembangan Penyakit Jantung Koroner tergantung potensi aritmia, iskemia dan potensi gangguan hemodinamik. Bisa Baik, sembuh pada fase akut dengan penanganan yang tepat tanpa komplikasi. Bisa memburuk karena faktor usia lanjut, pernah menderita infark jantung, nyeri dada sangat lama, shock berat dan lama, denyut nadi tetap cepat dan lama, gallop tak mau hilang,extra sistole sering dan menetap, takikardi ventrikel yang menetap, DM, dan HIPERTENSI.

Komplikasi akibat penyakit ini dapat terjadi gangguan irama jantung seperti aritmia yang merupakan bahaya terberat pada minggu pertama serangan, Gagal jantung kongestif, shock cardiogenik, tromboemboli, pericarditis, aneurisma aorta, insufisiensi aorta, ruptur jantung. Kematian mendadak sering terjadi diakibatkan : tromboemboli,ruptur jantung dan fibrilasi atau takikrdi ventrikel.

Pencegahan penyakit ini adalah selalu mengontrol kadar cholesterol dengan cara mengatur diet dan exercise yang teratur.

1 komentar:

siwiyun mengatakan...

Saya sering kali merasakan nyeri dada sebelah kiri bagian atas. Kadang rasa nyeri ini lama kadang saetengah hari, kadang juga 2 hari gak hilang rasa nyerinya. Rasa nyeri ini biasanya jika saya ada masalah berat, stress, sedih, dan tertekan. Saya juga pernah memeriksakannya pada dokter, dan dokter bilang sama saya, apakah ada anggota keluarga saya yg memiliki penyakit jantung. Padahal di keluarga saya tidak ada yg menderita penyakit tersebut. Lalu dokter memberikan saya obat penyakit perut, yaitu obat maagh. Karena saya pernah menderita sakit maagh yg kronis. Apakah saya ini merupakan orang yg menderita gejala penyakit jantung ya! padahal usia saya masih 27 tahun. Bagaimana ya dokter? Terimakasih.

Poskan Komentar