Sabtu, 23 Januari 2010

BATUK LEBIH DARI 2 MINGGU.....HATI-HATI TBC PARU....

Batuk lebih dari 2 minggu, hati-hati anda terserang penyakit TBC Paru-paru..
Penyakit diawali dengan batuk lama yang tak sembuh-sembuh. Pada mulanya batuk tak berdahak, selanjutnya berdahak yang berwarna hijau atau kuning yang tak berbau, dengan jumlah yang meningkat pada pagi hari. Kadang-kadang disertai darah (segar) dalam jumlah yang bervariasi. Penderita mengeluh lesu, lemah, cepat lelah, mual, tak ada nafsu makan, dan berat badan semakin menurun. Ada demam, terutama sore hari yang meningkat dengan aktivitas fisik. Pada malam hari sering berkeringat (pada kasus lanjut keringat sangat banyak,membasahi seluruh tubuh).
Pada wanita ditemukan juga penekanan terhadap siklus menstruasi (oligomenorhae), terutama pada kasus berat.
Pada stadium lanjut bisa ditemukan keluhan nyeri dada, terutama pada waktu bernafas dalam, suara parau dan nyeri menelan.
Penyakit Tuberculosa paru adalah penyakit proses spesifik di paru disebabkan oleh organisma tahan asam yang disebut Mycobacterium tuberculosa dan ditandai dengan pembentukan tuberkel di paru. Menyerang semua umur, terutama orang tua. Angka kejadian pria dan wanita sama banyak, terjadi pada SOSEK yang rendah dan lingkungan dengan populasi yang padat.
Riwayat penyakit terdahulu pasien mungkin pernah menderita seperti : Diabetes melitus, Malnutrisi, Silikosis, Atau penggunaan kortikosteroid atau sitostatika yang lama.
Riwayat penyakit keluarga, ada anggota keluarga yang menderita penyakit yang sama.
Bila anda curiga kalau anda menderita penyakit tersebut, segeralah konsultasikan kedokter keluarga anda..Diagnosa ditegakkan dengan pemeriksaan klinis,laboratorium dan radiologis. Diagnosa pasti bila ditemukan kuman / Basil Tahan Asam pada sediaan langsung yang diambil dari sputum/dahak.
Komplikasi penyakit ini dapat berupa Hemoptysis (batuk darah), Pleuritis (radang pada jaringan pembungkus paru), Pleural effusion (cairan pada rongga pembungkus paru), TBC Gasto intestinal, TBC Pneumonia, Bronchopleural fistel dan empiema, TBC Bronkus-trakea.
Perkembangan penyakit ini, dengan terapi yang baik dan adekwat hampir 95% sembuh, bisa terjadi relaps (kambuh) sekitar 1%, sangat buruk pada TBC berat dan ada komplikasi.Hati-hatilah.........


0 komentar:

Posting Komentar