Sabtu, 23 Januari 2010

BILA PANAS SERING TIMBUL SORE HARI...HATI-HATI ANDA TERSERANG PENYAKIT TIFUS...!

Bila anda mengalami demam lebih dari satu minggu,menonjol pada sore hari..hati-hati,mungkin anda terserang penyakit Tifus..
Keluhan pada minggu pertama diawali dengan sakit kepala yang sifatnya umum dan berat. Kemudian diikuti dengan demam yang menonjol pada sore hari dan semakin hari suhu semakin tinggi. Demam dapat disertai dengan menggigil.Keluhan lain seperti abdominal discomfort, anorexia, mual, muntah, konstipasi/diare, malaise, nyeri seluruh tubuh, nyeri tenggorok, batuk-batuk dan kadang-kadang epistaksis (mimisan)..
Pada minggu kedua, mengalami demam sepanjang hari, perut terasa tegang dan adanya gangguan kesadaran.
Minggu ketiga, demam mulai turun dan bisa disertai dengan perdarahan saluran cerna, nyeri perut akbat dari perforasi (pecah usus).

Penyakit tifus/tifoid adalah penyakit infeksi akut pada usus halus yang disebabkan oleh basil genus Salmonella typhosa terutama mengenai jaringan limfatik (plaque peyeri). Masa inkubasi 10-14 hari.

Penyakit ini sering menyerang anak-anak : umur 12-30 tahun (70-80%), umur 30-40 tahun (10-20%), >40 tahun (5-10%). Kejadian wanita sama dengan laki-laki. Penyakit ini terutama menyerang daerah endemik dan daerah-daerah yang water supllynya jelek.

Tanda-tanda penyakit ini, keadaan umumnya bisa sedang sampai buruk, kesadaran bisa komposmentis, apati sampai stupor, suhu berkisar antara 39-40Celcius, pada mulut : bibir kering dan pecah-pecah, lidah kotor, pinggir kemerahan dan tremor jika dikeluarkan.

Pemeriksakan penunjang untuk penyakit ini dengan Widal.

Prognosa penyakit ini tergantung : umur, keadaan umum, adekuatnya terapi, dan ada tidaknua komplikasi.

Angka kematian : dengan perawatan 2% dan tanpa perawatan 30%.

Komplikasi : perdarahan saluran cerna, perforasi, relaps (15%), komplikasi bisa diluar usus, seperti : bronchopneumonia,GNA,meningitis, osteomyelitis, hepatitis, cholecistitis, uretritis, spondilitis, artritis, dll.

Pencegahan, terhadap lingkungan : tersedianya air yang memenuhi syarat,pembuangan kotoran yang higienis, pemberantasan lalat, pengawasan terhadap rumah makan. Terhadap manusia : pendidikan kesehatan masyarakat, mengobati penderita sam[p[ai sembuh, menemukan dan mengawasi karier (pembawa kuman).

SEGERA KONSULTASIKAN KE DOKTER LANGGANAN ANDA.....

0 komentar:

Posting Komentar