Sabtu, 23 Januari 2010

PERAWATAN ORANG SAKIT

Bila seseorang manusia sakit maka dialah yang mengalami berbagai penderitaan : Sakit, pusnig, panas, muntah-muntah pendarahan dan sebagainay. Disamping itu jiwanya menjadi gelisah dan was-was. Hal ini dapat dimengerti karena manusia merupakan satu kesatuan jasmaniah dan rohaniah. Sakit dan tidak nya dia tergantung dari kondisi jasmani dan rohaninya dan dari penyebab sakitnya itu sendiri.
Disini Manusia adalah makhluk individual. Seorang manusia adalah anggota dari suatu keluarga dia bisa seorang suami atau istri, bapak atau ibu, nenek dan kakek, anak atu cucu tergantung dari kedudukannya dari keluarga tersebut. Manusia adalah juga anggota masyarakat lingkungannya dan anggota dari suatu bangsa.
Bila ia sakit maka yang lebih dulu ikut merasakan penderitaannya adalah keluarganya baik yang terdekat maupun yang jauh. Merekalah yang merawat dia, membawa dia kedukun atau Dokter dan bila ia merawat di rumah sakit maka mereka pulalah yang mengunjunginya.
Bila seseorang sakit maka keluarganya ikut merasakan penderitaannya. Lebih-lebih lagi bila ia seorang yang terkenal, harum namanya, maka akan lebih banyaklah orang akan merasakan ikut dalam penderitaannya. Oleh karena itu, manusia disebut juga sebagai Makhluk Sosial.
Manusia adalah juga makhluk Allah, dialah yang menciptakannya dari pertemuan telur dan sperma orang tuanya, melahirkannya, memberinya pendengaran, penglihatan dan hati, memberi ia rezeki dan tempat hidup di dunia dan DIA pulalah yang mendatangkan penyakit buat dia serta obat penyakitnya, dan DIA pulalah yang menyembuhkannya.

0 komentar:

Poskan Komentar