Sabtu, 23 Januari 2010

PERAWATAN ORANG SAKIT DI LIHAT DARI SUDUT KEDOKTERAN/KESEHATAN

Sebelum masuk kepada masalah pokok ada baiknya dijelaskan berbagai pengertian antara lain tentang, sakit, sehat, penyakit, pengobatan dan perawatan.
1.Untuk mengetahui apa itu sakit, maka akan lebih baik diketahui dulu apa itu sehat, sebagai lawan dari sakit.
WHO (World Health Organization). Organisasi Kesehatan Sedunia merumuskan devinisi kesehatan sbb :
"Health is a state of pysyxal, mental and sosial well being not merely the absence of diseanse or infirmity.
Sehat adalah keadaan fisik, mental dan sosial yang baik tidak saja karena tidak ada penyakit atau cacad."


Dari rumusan ini dapat disimpulkan bahwa sakit ialah gangguan fisik mental dan sosial serta adanya penyakit atau cacad. Bila ada penyakit atau cacad maka manusia itu akan terganggu fisiknya mentalnya dan keadaan sosialnya. Ketiga faktor fisik, mental dan sosial pengaruh mempengaruhi.
2.Penyakit ialah suatu pengertian yang mengandung : Penyebab, gejala-gejala atau simtom penyakit, baik yang kelihatan seperti panas, tingkah laku, tenang, gelisah, banyak tidur baik perubahan yang kelihatan pada tubuh jasmaniah yang disebut-sebut tanda-tanda klinis maupun perubahan-perubahan yang diperiksa dalam laboratorium, perubahan susunan sel-sel darah, gula darah, perubahan jumlah atau komponen kencing, berak, yagn dikenal sebagai penemuan laboratorium serta alat-alat periksa lainnya.
Penyakit dapat dikelompokkan atas :

Penyakit Fisik yang meliputi :
a) Penyakit infeksi, karena virus, bacteri, cacing, dsb (ada yang menular dan ada yang tidak menular)
b) Penyakit karena kekurangan vitamin, misalnya kekurangan zat besi menyebabkan penyakit darah, kekurangan darah, anemi, pucat dan mudah capek. Kekurangan vitamin B1 menyebabkan penyakit beri-beri.
c) Penyakit karena gangguan (metabolisme) seperti penyakit kencing manis (diabeter melitus)
d) Penyakit gangguan fungsi kelenjar dalam tubuh, seperti gondok.
e) Tumor baik jinak maupun ganas, karena sel-sel tubuh tidak lagi mematuhi hukum bersama, mereka berkembang sendiri-sendiri. Tumor ganas disebut kanker yang cukup menakutkan manusia. Tumor ini dapat terjadi pada setiap jenis tubuh, kulit otot, lemak, saraf, hati, otak, usus, dan sebagainya.
f) Setiap organ tubuh pun mengalami sakit dan penyakitnya sendiri, sakit jantaung, saraf, kulit, otot, persendian dan penyebabnya berbagai ragam, bisa infeksi, kekurangan mineral, dan vitamin dan sebagainya.

 Penyakit Jiwa
Penyakit ini terbagi menjadi :
a) Gangguan jiwa itu sendiri seperti : phizophrenia, psikosy dan psikoneurotis dan sebagainay;
b) Gangguan jiwa oleh karena penyakit fisik yang bisa disebut sebagai penyakit psikosomatik.

 Pengobatan
Pengobatan ialah segala yang dilakukan untuk menyembuhkan penyakit seseorang. Pegobatan dapat berupa fisik, kimiawi, operatif dan sebagainya. Ini diberikan beberapa contoh yang pokok dalam perawatan :
a) Membantu penderita supaya ia bernafas dengan baik. Gangguan bernafas dapat terjadi karena kekurangan zat asam, maka kepada pasien diberikan zat asam oxygen.
b) Mengambil nadi dan suhu yang diperlukan dokter untuk mengetahui jalnnya penyakit.
c) Membantu penderita memakan obat yagn sudah diatur dan ditetapkan oleh dokter.
d) Membantu penderita makan dan minum apalagi bila ia sendiri tidak sanggup makan/minum sendiri.
e) Membantu penderita agar bisa punya sikap yang benar pada waktu berjalan, duduk dan tidur, dan membantu pasien mengubah posisi tubuh yang menyenangkan.
f) Membantu penderita supaya dapat beristirahat dan tidur dengan baik dan cukup.

 Perawatan
Perawatan ialah cara pengobatan dimana sisakit harus menginap dirumahsakit, sebagai Dokter dengan pembantunya, dapat memberikan perhatian penuh dan dapat memonitor serta menilai perkembangan penyakit dan kesembuhannya.
a) Membantu penderita melakukan air besar atau kecil, baik dengan menemaninya ke WC atau dengan pertolongan pispot, dan membersihkannya sesuai dengan agama yang dianutnya. Orang Islam tentu dengan air suci lagi mensucikan.
b) Membantu penderita menukar pakaian dan memasang pakaiannya dan menjaga auratnya tetap terpelihara.
c) Membantu agar tubuh penderita tetap bersih serta dibersihkan apalagi kalau di cemari oleh najis berak, kencing, muntah dan darah nanah serta melindungi tubuhnya dari najis ini.
d) Membantu penderita agar terhindar dari bahaya disekitarnya seperti listrik, pisau, barang gelas yang mudah pecah jatuh dan melindungi masyarakat dari bahaya yang mungkin datang dari pasien seperti yang sedang dalam delirium (kacau pikiran).
e) Membantu penderita berhubungan dengan orang lain dalam mengamukakan kebutuhannya dan perasaannya seperti pengunjung bukan keluarga atau Dokter sendiri
f) Membantu penderita dalam melakukan ibadahnya dengan memperingatkan waktu sembahyang, memperingati kesabaran terhadap cobaan tuhan, banyak bertaubat dan berzikir.
g) Membantu penderita dengan kegiatan kreasi, membaca, mendengar siaran radio dengan warta berita atau pembacaan Al-Qur’an
h) Membantu penderita belajar. Penderita yagn mengalami gangguan alat gerak seperti kaki, maka penderita dibantu untuk kembali memakaikan anggota tubuh tersebut. Belajar berjalan, berbcara, makan sendiri, memakai pakaian dan sebagainya.
i) Membantu penderita dalam keadaan sakaratulmaut/meninggal dunia yang fana ini dengan tenang dan untuk penderita muslim membantu membacakan “ La ila ha illallah.
j) Membantu menenangkan keluarga yang ikut melepas penderita.
k) Menutupkan kelopak mata dan mulut penderita yang sudah meninggal dunia serta menutupinya dengan kain yang bersih.

0 komentar:

Posting Komentar